Tips

Berbagi Resep Nusantara Opor Ayam Kampung

Sedari dahulu, masakan dari Indonesia memang sudah terkenal kelezatannya hingga ke berbagai Negara. Ada hal unik yang tidak dimiliki masakan lainnya, yaitu masakan Indonesia memiliki citarasa yang begitu berbeda terutama dari bumbu yang dipakai. Selain menambah rasa nikmat pada makanan, juga menciptakan aroma yang sangat menggugah nafsu makan karena terbuat dari beragai bahan alami pilihan dan rempah yang banyak terdapat di negeri ini. Hampir di setiap masakan yang dibuat dengan berbagai macam kreasi daerah, namun tentunya tidak akan meninggalkan beragai rempah alami dengan resep pilihan yang sudah turun temurun dari sejak dahulu. Ada banyak aneka resep masakan nusantara yang sekarang ini bisa dipelajari, karena seiring dengan perkembangan zaman yang tentunya banyak orang yang berbagi resep rahasia makanan khas nusantara.

Salah satu masakan nusantara yang sampai saat ini banyak digemari oleh banyak orang yaitu Opor Ayam. Sajian masakan yang satu ini identik sekali dengan perayaan besar seperti hari raya ataupun acara hajatan. Dalam menu makanan sehari-hari, jarang sekali masakan tersebut dihidangkan. Namun berikut adalah resep membuat opor ayam kampung dengan bumbu kuning yang bisa anda buat sendiri di rumah. Adapun bahan yang mesti anda sediakan diantaranya yaitu satu ekor ayam kampung yang telah dipotong-potong kecil sesuai selera, minyak goring garam dan gula pasir secukupnya, 1 liter santan, 2 cm jahe, 2 lembar daun salam dan batang serai, 3 cm lengkuas yang telah dimemarkan. Adapun bumbu yang perlu dihaluskan yaitu 3 cm kunyit, 1 sendok teh merica, 5 butir kemiri, seperempat butir pala, seperempat sendok jintan, 1 sendok teh ketumbar, 5 siung bawah putih dan 7 siung bawang merah.

Setelah semua bahan dan bumbu tersedia, maka tinggal langkah membuatnya yaitu semua bumbu halus terlebih dahulu ditumis sambil diaduk-aduk. Daging ayam, santan, gula pasir dan garam dimasukkan sampai berubah warna. Aduklah adonan tadi sampai mendidik dan opor ayam pun sudah siap untuk dihidangkan. Nah itulah salah satu resep terbaik dari aneka resep masakan nusantara yang bisa anda coba praktikan di rumah. Selamat mencoba.

Tags

Related Articles

Check Also

Close
Close