Ibu & Anak

Penting Memperhatikan Perkembangan Anak

Setiap keluarga terutama yang masih muda tentunya mendambakan anak sebagai penerus keturunan keluarga. Dan bersyukur sekali jika sampai saat ini anda sudah diberi kepercayaan untuk memiliki anak, karena tidak semua orang bisa mendapatkan anugerah tersebut. Salah satu bentuk rasa syukur tersebut adalah dengan membimbing dan menyayanginya dengan sepenuh hati.

Memberikan dukungan atas perkembangan anak memang sangatlah penting, baik itu dari kognitif, afektif maupun psikomotornya. Anak adalah sebuah investasi bagi masa depan, karena itulah bimbingan dan pendidikan anak sangatlah penting untuk diperhatikan. Banyak orang tua yang menyekolahkan anaknya untuk mendapatkan pendidikan yang baik bagi masa depannya, padahal yang paling utama adalah dari lingkungan pendidikan keluarga yang mesti didahulukan.

Pendidikan anak sangatlah penting, namun pembentukan sikap dan mentalnya pun tidak kalah pentingnya. Ada banyak hal yang dilakukan oleh orang tua dalam membimbing anak, dan mesti dimulai dari sejak dini agar sikap tersebut melekat sampai mereka dewasa. Memberikan kasih sayang yang penuh pada anak dibedakan menjadi beberapa tahap menurut perkembangannya. Yaitu dari usia 0 sampai 6 bulan, anak mesti terus dibimbing dan dibawa bicara secara terus menerus walaupun mereka tidak mengerti. Biarkan mereka terus berbicara dan ajaklah mereka bermain dengan benda yang berwarna cerah. Anak akan lebih memperhatikan warna mainan mereka yang cerah, namun perlu dijaga dan bersih karena anak usia seperti itu terbiasa memasukan benda yang dilihatnya.

Untuk anak usia 6 bulan sampai 2 tahun, anak sudah mulai bisa mengenali lingkungan sekitarnya terutama orang-orang terdekat. Pada tahap itu, anak mesti diarahkan dengan menyebutkan beberapa benda yang terbiasa digunakan dan dilihatnya. Perkembangan anak pada usia ini, mesti didukung dengan asupan nutrisi tambahan selain ASI. Pemberian nutrisi ini sangatlah penting terutama untuk kecerdasan otaknya. Dancow merupakan susu yang banyak mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh anak seperti omega 3, EPA dan DHA. Untuk anak usia tersebut memang perlu perhatian secara insten, karena rawan terhadap kecelakaan terutama rasa ingin tahu yang tinggi.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close