Tips

Tahapan Perkembangan Anak

Setiap orang tua akan mempunyai rasa cemas terhadap tumbuh kembang anak. Kecemasan orang tua tersebut tentu sangat beralasan karena jika pertumbuhannya lambat, maka anak tersebut akan melewatkan masa-masa bermainnya dikarenakan kesehatannya terganggu. Peran orang tua dalam hal mendidik serta merawat anak sangat besar sekali. Jika orang tua tidak dibekali ilmu tentang cara mendidik serta merawat anak yang baik maka akan sangat sulit sekali untuk membuat tumbuh kembang anak berjalan dengan baik. Namun di zaman modern seperti sekarang ini kita bisa melihat referensi lewat internet dan disana banyak sekali pemaparan tentang cara merawat anak yang baik. Kita juga bisa berkonsultasi dengan dokter anak agar kita tidak salah dalam merawat anak. Perlu kita ketahui bahwa setiap tahapan usia anak mempunyai cara yang berbeda untuk dapat merawat serta mendidiknya. Namun kenyataannya banyak sekali orang tua yang tidak memahami hal tersebut.

Berikut ini akan dipaparkan perkembangan-perkembangan anak sesuai dengan usianya.

  1. Usia 0-3 bulan

Pada tahapan usia 0-3 bulan anak akan bereaksi dengan cara menggerakan kaki serta tangganya dan pada tahap ini juga bayi akan mulai belajar mengangkat kepalanya dan milhat ke arah kiri atau pun kanan. Ketika bayi sudah memasuki usia dua bulan maka bayi akan mampu menggapai benda yang ada disekitarnya. Bulan berikutnya bayi akan terus berkembang dengan mengenal suara-suara.

  • Usia 3-6 bulan

Pada usia 3-6 bulan bayi akan tumbuh dengan baik dan sudah bisa melakukan duduk atau pun berguling. Pada usia ini juga bayi akan mampu mengambil barang-barang yang ada disekitarnya dan didekatnya kemudian bayi sudah mampu mengenal ayah dan ibu. Pada usia ini juga bayi sudah mampu memberikan senyuman kepada orang lain termasuk kedua orang tuanya.

  • Usia 6-9 bulan

Pada usia ini bayi akan belajar berdiri meskipun belum sempurna. Namun bayi sudah mampu melakukan duduk tanpa ada bantuan dari orang lain. Bayi sudah mampu merangkak atau pun memegang benda-benda yang ada disekitarnya.

Ketiga perkembangan anak tersebut tentu harus kita ketahui agar kita bisa merawat serta mendidik anak dengan cara yang benar dan disesuaikan dengan usia anak tersebut.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close