Kesehatan

Ide Kegiatan Bermain di Rumah Bersama Si Kecil

Di masa pertumbuhan dan perkembangan anak, si Kecil memiliki rasa penasaran akan hal-hal baru di sekitarnya. Di usia 2 tahun, anak-anak mulai bergerak aktif dan senang bermain. Hal ini sangat baik untuk dilakukan karena melalui kegiatan bermain di rumah, si Kecil dapat mengembangkan berbagai kemampuan dan mendorong pertumbuhan fisiknya.

Saat anak bermain, kemampuan kognitif akan terasah begitu juga dengan kemampuan fisik, sosial dan emosional anak. Untuk itu, Moms dapat memilih permainan yang melibatkan anak untuk mengobservasi, mendengarkan dan memahami lingkungan sekitarnya serta membuat anak bersemangat melakukannya.

Namun, anak cenderung mudah bosan terhadap sesuatu yang monoton. Sehingga Moms perlu bereksplorasi agar si Kecil tidak jenuh dan stres.  Nah, berikut ini adalah beberapa ide kegiatan bermain di rumah yang dapat dilakukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil.

  1. Bermain Blok dan Puzzle

Permainan blok dan puzzle baik untuk melatih daya konsentrasi anak. Puzzle atau blok dengan aneka gambar juga dapat mengenalkan si Kecil dengan benda atau makhluk di sekitar. Permainan ini juga melatih kesabaran dan ketelitian si Kecil untuk merangkai atau menyusun dengan benar.

  1. Membangun Benteng

Permainan ini dapat dimainkan bersama si Kecil dengan menggunakan benda apa pun yang tidak berbahaya di rumah. Misalnya, bantal, guling, kardus atau kaleng bekas dan lainnya.

Ajak si Kecil untuk menumpuk benda-benda tersebut hingga membentuk seperti sebuah benteng. Kegiatan Bermain di Rumah yang sederhana ini seru dimainkan di rumah dan tentunya bagus untuk melatih kemampuan motorik kasar dan daya imajinasi anak.

  1. Mencari Harta Karun

Permainan ini akan melatih kemampuan pemecahan masalah dan jiwa observasi si Kecil. Supaya permainan lebih seru, Moms bisa memberikan hadiah saat bermain. Permainan ini mengajak anak untuk menemukan benda yang disembunyikan.

Moms, juga perlu memperlihatkan dukungan dengan tertawa dan memberi semangat agar si Kecil mendapatkan manfaat dari permainan ini. 

  1. Bermain Playdough

Playdough bagus dalam mengembangkan imajinasi anak serta melatih otot tangan melalui kegiatan meremas, memilin dan menggulung. Sehingga kemampuan motorik halus pada tangan si Kecil akan terlatih untuk nanti mulai belajar menulis. 

Terus dukung si Kecil untuk GrowHappy dengan rangkaian susu pertumbuhan anak LACTOGROW.

Related Articles

Check Also

Close
Close