Kesehatan

Tips Untuk Ibu Hamil Muda

Masa-masa kehamilan trimester pertama merupakan masa kehamilan yang paling rawan. Jika tidak hati-hati bisa terjadi keguguran. Hal ini tentunya tidak ingin terjadi pada anda kan? Untuk itu anda harus rajin memeriksa perkembangan janin tiap minggunya. Agar kita tahu kondisi bayi dan cara penanganannya. Lantas, apa yang harus dilakukan ibu hamil muda dalam menjaga janinnya? Berikut ada tipsnya, diantaranya:

  • Jangan melakukan aktivitas berat

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah jangan melakukan aktivitas yang berat. Karena seperti yang kita tahu pada awal kehamilan, biasanya sang ibu lebih mudah lelah bahkan jika fisiknya tidak kuat bisa sampai pingsan. Hal ini bisa terjadi karena tekanan darah pada ibu hamil sangat rendah. Sebaiknya pada usia kehamilan ini diharuskan mempunyai istirahat yang cukup. Disarankan untuk tidak melakukan aktivitas dengan berdiri terlalu lama juga duduk yang terlalu lama.

  • Hindari hal-hal yang dapat membahayakan janin

Sebaiknya hindari hal-hal yang dapat membahayakan janin seperti mengkonsumsi obat-obatan, rokok, kafein dan lain sebagainya. Hal ini dapat menyebabkan janin anda terlahir cacat. Selain itu juga dapat mempengaruhi kesehatan si ibu hamil sendiri.

  • Menjaga asupan gizi

Biasanya ibu yang hamil muda memiliki nafsu makan yang kurang karena sering merasa mual. Hal ini memang terbilang wajar dan normal karena saat itu hormon ibu hamil menjadi tinggi. Meskipun begitu ibu hamil memerlukan asupan gizi yang cukup untuk perkembangan janin dan kesehatan ibu hamilnya. Jika bau terhadap nasi, anda bisa menggantinya dengan karbohidrat yang lain. Mengkonsumsi buah-buahan akan sangat bermanfaat, selain baik untuk janin juga membuat ibu hamil lebih segar.

  • Menjaga emosi

Karena hormon seorang wanita menjadi naik saat hamil, maka ibu yang hamil muda sering mengalami emosi yang naik turun dan cenderung sensitif. Untuk itu bagi ibu hamil jangan terlalu larut dalam emosi karena bisa mempengaruhi perkembangan janin yang dikandungnya. Cara yang paling sederhana adalah dengan mendekatkan diri pada Tuhan, jalan-jalan dengan suami dan sebagainya.

Semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi anda. Hal yang paling penting adalah anda harus mengetahui perkembangan janin tiap minggunya agar sehingga kita dapat mengetahui kondisi janin dan tau apa saja yang harus dilakukan dan di pantang.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close