Tips

Cara Mengejen Yang Baik Saat Proses Melahirkan

Menginjak usia kehamilan 9 bulan atau secara medisnya yaitu 40 minggu tentunya seorang ibu hamil akan segera melahirkan, bagi seorang wanita hamil dan melahirkan akan menjadi pengalaman yang sangat berharga dan akan menjadikan dirinya menjadi seorang wanita yang sempurna. Perjuangan dalam melahirkan memang sangatlah membutuhkan kekuatan fisik dan juga mental apalagi jika proses persalinan tersebut dilakukan secara normal. Namun tidak sedikit ibu hamil yang merasa khawatir dan ketakutan saat proses melahirkan, dan hal tersebut sangatlah wajar sebab melahirkan merupakan proses yang sangat besar bagi seorang wanita. Bagi seorang wanita hamil sangatlah penting bagi anda untuk mengetahui cara melahirkan normal yang benar agar anda mempunyai pengetahuan sebagai bahan untuk lebih mempersiapkan diri.

Melahirkan dengan jalan normal memang akan menimbulkan rasa sakit, namun dari setiap kadar sakit tersebut tentunya berbeda-beda ada yang merasakan sakit yang luar biasa ada juga yang merasakan sakit sekejap saja dan hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pengalaman melahirkan, ukuran bayi, dan juga tim penolong dari medis. Yang paling terpenting dalam menjalani proses melahirkan adalah yakin dan berdoa pada yang maha kuasa. Ada beberapa cara melahirkan normal yang benar yaitu sebagai berikut:

  1. Saat anda sudah mulai merasakan kontraksi namun belum saatnya untuk mengejen sebaiknya anda berjalan-jalan kecil agar bayi bisa menuju jalan lahir dengan baik.
  2. Saat dokter memastikan anda untuk segera mengejen posisikan diri anda untuk tidur dengan kaki dibuka selebar mungkin dan diarahkan pada penolong medis.
  3. Saat dokter mengintruksikan untuk segera mengejen ambilah nafas dari dalam hidung kemudian tahan dan sambil mengejen. Jangan membuang nafas dari dalam hidung ataupun mulut saat sedang mengejen sebab itu akan lebih sulit untuk bisa melahirkan bayi dengan cepat.
  4. Jangan mengangkat pantat saat sedang mengejen dan juga jangan memejamkan mata sebab itu akan berdampak kurang baik pada diri anda.

Semoga proses melahirkan anda diberikan kelancaran.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close