Kesehatan

Tanda Anak yang Mengalami Malnutrisi

Malnutrisi merupakan salah satu keadaan yang dialami oleh seorang anak yang mengalami kekurangan gizi seperti protein, energi dan nutrisi lainnya yang bisa menyebabkan efek samping yang buruk pada fungsi tubuh dan terhambatnya proses tumbuh kembang anak tersebut. Salah satu jangka pendek yang bisa dialami oleh seorang anak yang mengalami kekurangan gizi atau nutrisi adalah adanya penurunan daya tahan tubuh sehingga mereka rentan mengalami gangguan kesehatan.

Untuk jangka panjang seorang anak yang mengalami kekurangan gizi akan mengalami gangguan tumbuh kembang kognitif, pertumbuhan yang terhambat, penurunan produktivitas, dan rentan mengalami penyakit degeneratif ketika mereka dewasa. Oleh karena itu agar semua orang tua bisa menjaga dan merawat buah hatinya agar tidak mengalami masalah malnutrisi ada baiknya perlu mencari berbagai macam referensi seputar anak-anak salah satunya melalui dancow parenting center.

anak yang mengalami malnutrisi
Dancow parenting center

Dancow parenting center menyajikan berbagai macam artikel yang bermanfaat seputar penting dan segala macam hal yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak-anak. Selain itu para orangtua juga perlu mengetahui tanda-tanda atau ciri-ciri yang mengalami kekurangan gizi salah satunya adalah mudah terserang penyakit. Anak yang sering sakit seperti pilek maupun batuk menjadi salah satu tanda daya tahan tubuhnya yang kurang baik.

Apabila buah hati kita memberikan tanda-tanda tersebut kita perlu memenuhi kebutuhan gizi harian nya agar daya tahan tubuhnya terbentuk lebih baik. Selanjutnya adalah rambut dan kulit terlihat kering. Salah satu penyebab rambut dan kulit yang terlihat kering pada anak-anak karena kekurangan vitamin a, vitamin d, vitamin e hingga vitamin k. Pastikan buah hati kita mendapatkan asupan mineral dan vitamin yang cukup pada setiap makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

Tanda selanjutnya dari anak-anak yang mengalami masalah malnutrisi adalah telat berbicara seorang anak yang mengalami keterlambatan berbicara diakibatkan oleh kekurangan asupan vitamin b12. Beberapa macam makanan yang memiliki kandungan vitamin b12 adalah susu telur ikan ayam hingga daging sapi. Anak yang hiperaktif juga menjadi salah satu ciri lain seorang anak mengalami malnutrisi yang diakibatkan oleh sistem pencernaan yang kurang baik.

Sistem pencernaan yang kurang baik diakibatkan oleh asupan gizi yang kurang sehingga anak tersebut menjadi lebih aktif jika dibandingkan dengan anak normal lainnya. Kondisi kesehatan gigi yang buruk juga menjadi salah satu tanda lain seorang anak mengalami malnutrisi agar memiliki gigi dan tulang yang tumbuh dengan baik maka mereka perlu mendapatkan asupan kalsium dan vitamin yang cukup. Melalui dancow parenting center setiap orang tua bisa mendapatkan berbagai macam artikel menarik yang bermanfaat ketika memiliki anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Related Articles

Close