Kesehatan

Ramadan and Kids Cara Mengajarkan Anak Berpuasa

Pada dasarnya, anak di bawah umur tidak memiliki kewajiban untuk berpuasa. Namun, tidak ada salahnya bunda mengajari si kecil berpuasa agar menjadi kebiasaan. Nah, tips Ramadan and kids kali ini, akan membahas seputar cara mengajarkan anak berpuasa. Ada beberapa tips yang bisa bunda lakukan. Nah, berikut kami jelaskan langkah-langkahnya:

  1. Sesuaikan Kemampuan si Kecil

Bunda tidak perlu memaksakan si kecil harus menyelesaikan puasa hingga magrib. Sesuaikan kemampuan puasa mereka dengan usianya. Jika si kecil mampu hingga jam 12 siang, suruh mereka untuk buka puasa. Jika sudah tidak mampu di jam 10 pagi juga tidak apa-apa ya, bun.

Cara ini akan membuat mereka terbiasa berpuasa. Jadi, ketika sudah dewasa nanti, si kecil bisa membiasakan diri berpuasa hingga selesai tanpa ada yang bolong kecuali sakit atau halangan lainnya.

Ramadan and kids
Ramadan and kids
  1. Bujuk dengan Makan Sahur Menu Kesukaannya

Untuk membujuk si kecil, bunda bisa memberinya makanan kesukaan si kecil di waktu sahur. Silahkan bunda sediakan makanan terbaik yang mereka sukai. Pastikan juga makanan tersebut memiliki nilai gizi yang seimbang.

Tujuannya agar si kecil semangat saat menjalankan puasa. Makanan juga bisa menarik minat si kecil untuk berpuasa.

  1. Beri Contoh yang Baik

Anak adalah peniru terbaik. Mereka akan meniru apapun dari orang dewasa, dan orangtuanya. Maka dari itu, berilah contoh yang baik pada mereka. Pastikan Anda juga berpuasa agar si kecil meniru dan mencontoh Anda untuk berpuasa. Hal ini tampak sederhana, namun memiliki efek yang bagus.

  1. Ajak Mereka Mengikut Aktivitas Ibadah Lainnya

Di bulan puasa, ada beberapa aktivitas keagamaan yang sering dilakukan. Beberapa di antaranya seperti tadarus dan tarawih. Anda bisa mengajak si kecil untuk melakukan aktivitas tersebut. Ajak mereka tadarus dan juga tarawih.

Dengan mengajarkannya sejak dini, si kecil akan terbiasa melakukan aktivitas tersebut ketika dirinya sudah dewasa nanti.

Itulah informasi seputar cara mengajarkan puasa pada si kecil pada informasi Ramadan and kids kali ini. Optimalkan nutrisi si kecil saat berpuasa dengan memberi satu gelas atau dua gelas susu Dancow setiap hari.

Related Articles

Close