Bisnis

Electronic Money dan Cara Top Up Emoney

Uang elektronik disebut sebagai bentuk mata uang yang disimpan secara elektronik di perangkat, seperti sistem komputer perbankan. Ini berbeda dengan cryptocurrency yang terdesentralisasi, uang elektronik ini didukung oleh mata uang negara; artinya mereka diatur oleh otoritas pemerintah pusat. Dan nanti di akhir pembahasan ini akan kita simak sama-sama cara top up Emoney di SinarMas.

Apa itu Uang Elektronik?

Selama beberapa dekade terakhir, esensi uang elektronik dapat disaksikan di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Dari waktu ke waktu hingga saat ini Pemerintah kita mengumumkan mata uang rupiah dalam informasi perizinan penyelenggara dan pendukung jasa sistem pembayaran melalui uang elektronik ini.

cara top up emoney
cara top up emoney

Electronic Money alias uang elektronik dapat ditransfer melalui kartu pintar (kartu kredit atau debit), smartphone, dan juga melalui sistem komputer. Untuk memfasilitasi transaksi dari rekening bank, perusahaan keuangan dan bank menandatangani kesepakatan dengan prosesor jaringan uang elektronik untuk memberi pelanggan akses ke kartu pintar yang memungkinkan transaksi elektronik.

Selain itu, dengan sebagian besar platform e-niaga yang memungkinkan transaksi uang elektronik, konsumen kini dapat berbelanja hampir semua barang dan jasa yang tersedia secara online.

Mengapa Uang Elektronik Penting?

Undang-undang tersebut mengizinkan bank dan lembaga keuangan untuk menerbitkan instrumen pembayaran prabayar di Indonesia. Setelah otoritas pengatur mengesahkan penggunaan instrumen tersebut. Berkat kemajuan yang signifikan di bidang teknologi, berbagai cara top up Emoney serta transaksi digital melalui kartu pintar, dompet digital, dan dompet seluler telah meningkat di antara konsumen.

Selain itu, sejak pengumuman penggunaan Emoney, penggunaan mata uang fisik untuk transaksi semacam itu juga menurun. Jika diatur dengan baik, penggunaan uang elektronik berpotensi besar untuk mendorong transaksi non-tunai di Tanah Air. Namun, uang elektronik sering dikritik karena risiko dan kerentanannya. Karena transaksi dilakukan melalui sistem komputer, ada kemungkinan transaksi elektronik tidak dapat dilakukan karena kesalahan sistem pada suatu waktu tertentu. Selain itu, karena transaksi elektronik tidak memerlukan verifikasi fisik untuk mentransfer dari satu orang ke orang yang lain, kemungkinan terjadinya aktivitas penipuan sangat tinggi.

Manfaat Electronic Money

Pembayaran elektronik memungkinkan pelanggan Anda melakukan pembayaran tanpa uang tunai untuk barang dan jasa melalui kartu, telepon seluler, atau platform lain berbasis internet. Ini menghadirkan sejumlah keuntungan, termasuk penghematan biaya dan waktu, peningkatan penjualan, dan pengurangan biaya transaksi. Namun rentan terhadap penipuan dan berpotensi meningkatkan pengeluaran bisnis.

  • Peningkatan Kecepatan dan Kenyamanan

Pembayaran elektronik sangat nyaman jika dibandingkan dengan metode pembayaran tradisional seperti uang tunai atau cek. Karena Anda dapat membayar barang atau jasa secara online kapanpun, siang atau malam, dari belahan dunia manapun, pelanggan Anda tidak perlu mengantri menunggu giliran untuk bertransaksi. 

  • Mengurangi Biaya Transaksi

Meskipun tidak ada biaya tambahan untuk melakukan pembayaran tunai, perjalanan ke toko biasanya memerlukan biaya, dan cek juga memerlukan ongkos kirim. Di sisi lain, biasanya tidak ada biaya atau biaya yang sangat kecil ketika menggesek kartu Anda atau membayar secara online. Dalam jangka panjang, pembayaran elektronik dapat menghemat biaya transaksi baik perorangan maupun bisnis.

Bagaimana Cara Anda Melakukan Top-Up E Money di SinarMas?

Cara top up E Money yang pertama adalah melalui channel Bank Sinarmas yang memiliki beberapa fasilitas untuk bertransaksi. Seperti ATM, Internet Banking, mobile banking, teller maupun fasilitas lainnya, dengan cara:

  1. Anda bisa mentransfer sejumlah uang ke rekening Bank Sinarmas, dengan nomor tujuan 8222 + nomor MDN yang didaftarkan sebagai nomor rekening dari Simas E-Money
  2. Menu khusus transfer ke Simas E-Money, dengan nomor tujuan nomor MDN yang terdaftar sebagai nomor rekening Simas E-Money

Cara yang kedua adalah melalui Bank lain, yaitu Transfer melalui ATM Bersama, PRIMA dan ALTO dengan cara sebagai berikut:

  1. Transfer sejumlah uang ke Bank Sinarmas (kode: 153) dengan nomor tujuan 153 + 8222 + nomor MDN yang didaftarkan sebagai nomor rekening Simas E-Money.
  2. Melalui gerai minimarket Alfamart terdekat dengan biaya layanan Rp1.500,- per Top Up dan dengan kelipatan Top Up Rp50 ribu.

Related Articles

Close