Bisnis

Ketahui Apa itu 4C Sebelum Membeli Anting Berlian Asli

Ketahui Apa itu 4C Sebelum Membeli Anting Berlian Asli

Anting berlian asli adalah salah satu aksesoris yang disukai oleh perempuan. Saat ini ada banyak jenis model yang ada di pasaran. Begitu juga dengan kualitas yang ditawarkan. Namun, dalam membeli sebuah perhiasan Anda tidak boleh sembarangan. Terutama jika Anda ingin membeli kualitas berlian dengan level top. Karena, harganya tidak main-main. Maka dari itu, ketahuilah rumus 4C sebelum Anda membelinya.

Berikut akan kami paparkan apa itu 4C dalam menilai kualitas berlian:

1. Color (Warna Berlian)

Color atau warna adalah salah satu faktor untuk menentukan kualitas berlian. Ada tiga level warna yang ada di pasaran. Pertama yaitu warna putih bening kekuning-kekuningan. Warna pertama ini adalah warna berlian level bawah. Sedangkan warna kedua adalah putih jernih. Warna kedua menandakan Anting berlian asli tersebut berada pada level top. Nah, untuk level warna ketiga yaitu biru dan merah muda. Warna ketiga ini yang paling langka dan paling mahal.

Image result for Anting Berlian Asli mondial

2. Cutting (Proses Pemotongan)

Cutting atau pemotongan berlian adalah proses terpenting. Kualitas berlian akan ditentukan dari proses ini. Cutting juga akan membentuk berlian menjadi beberapa jenis. Bentuknya di antaranya seperti round, pear, heart, dan masih banyak lainnya.

  1. Carat (Karat)

Carat pada berlian berbeda dengan karat pada emas. Pada emas biasanya karat disebut sebagai kadar emas. Sementara pada berlian karat adalah standar ukuran berat. Tapi, ada juga yang masih salah menilai. Beberapa kalangan menyebut carat pada berlian adalah ukurannya. Sedangkan ukuran berlian diukur dengan satuan diameter.

  1. Clarity (Kejernihan)

Clarity atau kejernihan adalah penilaian untuk mengukur kualitas berlian dari dalam. Proses ini memerlukan kaca pembesar. Dari sini kita bisa melihat apakah ada goresan atau cacat pada berlian. Karena, berlian yang cacat dan terdapat goresan di dalam maka akan menurunkan nilai jualnya. Namun, meski cacat atau terdapat goresan, berlian asli tetap akan berkilau.

Nah, itulah 4C yang harus Anda pahami sebelum membeli anting berlian asli. Agar tidak salah membeli, belilah anting hanya di tempat yang tepat, yaitu Mondial Jeweler.

Related Articles

Check Also

Close
Close