Bisnis

Kiat Memilih KPR Berdasarkan Kemampuan Keuangan

Apalah arti rumah yang mewah serta besar dan memiliki halaman luas, berada di lokasi yang strategis alias di dalam kota namun harus terus menerus diteror untuk masalah pembayaran cicilan. Satu hal yang tidak diinginkan terjadi bukan? Oleh sebab itu, Anda harus teliti serta bijak dalam memilih tipe rumah agar disesuaikan dengan kemampuan keuangan. Dalam artian, dana yang dialokasikan setiap bulannya mampu membayar cicilan KPR.

Apa saja yang perlu Anda pertimbangkan? Ini dia :

Menghitung Cicilan Per Bulan

Ketika Anda mengajukan aplikasi kredit bank danamon biasanya akan ditawarkan pilihan paket yang tentu saja ini memberikan keuntungan. Mengapa? Anda menjadi mudah memilih paket yang ada berdasarkan pada kemampuan keuangan dimana periode cicilan beserta bunga pinjaman menjadi indikator penentu memilih paket.

KPR
KPR

Sudah cukup lazim jika usia masih tergolong muda biasanya pihak bank danamon akan memberi waktu cicilan kurang lebih 20 tahun.

Mengetahui Kondisi Keuangan

Perlu diketahui bahwa saat mengajukan aplikasi setidaknya pada saat pembayaran tidak sampai mengeluarkan 1/3 dari penghasilan.  Mengapa? Jika situasi ini terjadi maka besar kemungkinan keuangan keluarga akan sangat terganggu. Keadaan darurat bisa saja terjadi yang dapat mengakibatkan pada terganggunya cicilan. Untuk itu, ada baiknya Anda menunda terlebih dahulu untuk mengajukan kredit jika masih memiliki cicilan lainnya.

Mengetahui Suku Bunga

Biasanya, bank danamon memberikan penawaran suku bunga yang berbeda beda. Namun, umumnya berkisar antara 8% hingga 12%. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena bervariasinya suku bunga ini masih tetap mengacu pada suku bunga yang ditetapkan oleh BI. Meski demikian, bila tak sesuai dengan kondisi keuangan sebaiknya ditunda terlebih dahulu.

Mempertimbangkan Masa Tenor

Salah satu dasar yang tidak bisa diabaikan adalah mengetahui secara pasti masa pelunasan atau tenor. Biasanya, tenor panjang tidak membebankan cicilan yang tidak begitu besar dan ini merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang bekerja sebagai karyawan. Terlebih, bagi mereka yang sudah memiliki anak maka sangat disarankan untuk mempertimbangkan masa tenor ini dengan baik. 

Related Articles

Check Also

Close
Close