Bisnis

Kesalahan Umum Saat Investasi Reksa Dana Online

Saat hendak melakukan Investasi reksa dana online, kebanyakan orang pasti lebih berfokus kepada keuntungan yang akan didapat daripada memahami tentang bagaimana pola pengelolaan investasi tersebut. Ini tentu saja merupakan salah satu kesalahan terbesar dan yang paling umum terjadi pada banyak investor, khususnya bagi pemula. Ternyata, selain itu masih ada beberapa kesalahan lain yang sering dialami para investor reksa dana. 

Maka dari itu, berikut klikMami akan membagikan kesalahan – kesalahan apa saja yang sering terjadi pada investor, dan bagaimana solusinya. Kira-kira seperti apa? Simak selengkapnya berikut ini. 

  1. Belum mengetahui apa yang menjadi tujuan keuangan mereka 

Sebelum melakukan investasi reksa dana, Anda harus ingat terlebih dahulu bahwa reksa dana itu hanyalah sebuah alat, atau instrumen yang digunakan untuk menggapai apa yang menjadi tujuan keuangan Anda. Dengan kata lain, yang lebih penting adalah tujuan Anda dibanding reksa dana nya. 

investasi reksa dana online
investasi reksa dana online

Dan yang jadi masalah adalah, masih banyak orang-orang yang tidak mengetahui apa tujuan pasti mereka berinvestasi, karena hakikatnya tujuan investasi bukan hanya mencari keuntungan semata. Dengan demikian, Anda harus mencari tahu apa yang menjadi tujuan keuangan Anda, entah itu untuk dana pensiun, dana pendidikan anak nantinya, dan lain sebagainya. 

  1. Salah memilih produk reksa dana 

Kesalahan kedua merupakan dampak dari kesalahan nomor satu, sehingga Anda tidak bisa menentukan produk investasi reksa dana seperti apa yang cocok untuk kebutuhan Anda.  Jika Anda belum tahu, tiap produk reksa dana yang ditawarkan dibuat secara khusus untuk memiliki tujuan atau objektif masing-masing berdasarkan hal-hal yang ingin dicapai oleh investor. 

Contoh kesalahan yang paling sering terjadi adalah memilih investasi reksa dana saham dengan resiko yang tinggi namun untuk keuntungan jangka waktu yang pendek. Karena sejatinya, investasi saham ditujukan untuk jangka panjang, karena jika dilakukan dalam jangka pendek, maka ada resiko yang fluktuatif terhadap pasar saham. Jadi pastikan Anda memahami tiap-tiap produk investasi reksa dana yang sesuai. 

  1. Sering menunda-nunda untuk berinvestasi reksa dana 

Ada banyak orang yang ingin berinvestasi reksa dana  tapi masih ragu untuk memulainya. Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan dan edukasi mengenai investasi. Bahkan, banyak juga orang yang takut tertipu oleh investasi bodong yang marak akhir-akhir ini. 

Namun sebaliknya, jika Anda memahami dasar-dasar dari investasi, maka Anda tak perlu menunda lagi untuk memulainya. Ingat! Jangan mencari keuntungannya saja, melainkan pahami bagaimana menjalankan investasi tersebut agar mendapatkan return yang maksimal pula. 

  1. Belum beralih kepada investasi reksa dana online 

Dibandingkan dengan konvensional, investasi reksa dana online dinilai lebih mudah dan lebih efisien. Mengapa demikian? Ada beberapa poin menarik yang bisa kita lihat antara lain: 

Proses yang lebih mudah, dan bisa dilakukan lewat digital tanpa harus mendatangi kantor yang bersangkutan. Tak hanya itu, ada beberapa layanan yang bahkan menawarkan layanan datang ke lokasi Anda untuk mengambil beberapa dokumen pendukung saat Anda berinvestasi. 

Proses yang lebih murah,  jika secara konvensional ada beberapa biaya administrasi yang harus diselesaikan, maka lewat digital ada beberapa biaya transaksi yang bahkan ditiadakan karena kemudahan yang bisa didapat secara online 

Investasi reksa dana online kini telah menjadi salah satu pilihan utama banyak orang dengan alasan kemudahan yang didapat. Lantas, mengapa Anda tidak ikut memulainya? Cobalah untuk bergabung bersama klikMami dan dapatkan investasi reksa dana yang sesuai dengan kebutuhan keuangan Anda. 

KlikMami adalah bagian dari PT Manulife Aset Manajemen Indonesia yang telah berhasil meraih penghargaan Best Fund House dari Asia Asset Management di tahun 2018, jadi Anda tak perlu ragu dengan kredibilitas serta profesionalitas yang dimiliki. 

Related Articles

Close