Bisnis

Dukung Anak Mandiri Dengan 5 Langkah

Mendukung anak menjadi pribadi yang mandiri merupakan kewajiban dari orang tua yang tidak dapat tergantikan. Perannya yang sangat besar akan mempengaruhi kehidupannya yang akan datang. Berbagai cara dapat dilakukan oleh orangtua dalam rangka mendukung anaknya tumbuh menjadi pribadi yang mandiri. Berikut beberapa langkah mendukung anak agar memiliki pribadi yang mandiri.

Beberapa langkah mendukung anak mandiri

Libatkan anak dalam segala hal

Melibatkan anak dalam berbagai hal yang dapat ia lakukan merupakan langkah terbaik dalam merangsang kemandiriannya. Kegiatan-kegiatan positif ini dapat dimulai dari berbagai kegiatan di dalam rumah. Seperti halnya membersihkan rumah ataupun kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dengan umurnya.

anak mandiri
anak mandiri

Batasi anak

Membatasi ruang gerak anak bukan berarti mengurung anak dalam suatu tempat. Jangan pernah mencegah anak melakukan kegiatan positif selama kegiatan tersebut aman bagi dirinya. Namun tetap dengan batasan-batasan tertentu dan penuh dengan pengawasan orang tua.

Berikan pengetahuan plus minus pilihannya

Pada dasarnya anak adalah pribadi yang belum mengerti banyak hal. Sehingga ketika memilih sesutau ia hanya memilih apa yang ia sukai tanpa mengetahui dampak-dampak dari pilihannya. Berikan pengetahuan plus minus dari apa yang menjadi pilihannya agar ia dapat memikirkan dan memilih pilihan yang terbaik.

Membiarkan ia memilih

Membiarkan si kecil memilih pilihannya menjadi tanda bahwa orang tua sudah mampu menaruh tanggung jawab kepada si kecil. Biarkan ia memilih apa yang menjadi pilihannya tanpa ada unsur paksaan. Tetapi orangtua tetap harus mengawasi dan memberi masukan si kecil supaya tidak salah dalam memilih.

Gunakan kalimat positif

Dalam menegur si kecil ataupun melarangnya, jangan menggunakan kalimat negatif dengan kata-kata “jangan” tanpa memberikan alasan suatu apapun. Gunakanlah kalimat positif dan berikan alasan agar si kecil mampu menerimanya. Perlu diingat, masa kecil adalah masa yang rawan mengalami trauma. Sehingga dalam mendidiknya memang harus sangat hati-hati. Jangan sampai membentak apalagi menggunakan kata-kata kasar.

Demikian beberapa langkah yang dapat Moms gunakan untuk mendukung si kecil menjadi anak mandiri. Selalu dukung berbagai proses yang dibutuhkannya melalui berbagai bimbingan dan nutrisi yang terpenuhi. Kandungan nutrisi dalam S-26 NutriSure sangat lengkap dan mampu memenuhi kebutuhan si kecil. Anak adalah investasi bagi orang tua, gunakanlah waktu pertumbuhan anak sebaik mungkin.

Related Articles

Check Also

Close
Close