Umum

4 Aksesoris Mobil yang Tidak Boleh Dipasang Pada Kendaraan Anda

Untuk tampil beda dari kebanyakan pemakai kendaraan bermotor, biasanya para pengendara akan melakukan modifikasi atau menambahkan beberapa variasi pada mobil mereka. Biasanya, aksesoris mobil yang dipasang menunjukan kepribadian masing-masing. Karena itu, tidak jarang aksesoris yang dipasang tampil beda dan juga unik. Disesuaikan dengan pemilik mobilnya.

Hanya saja, ternyata tidak semua aksesoris mobil bisa diaplikasikan pada kendaraan Anda. Selain ada yang sangat mengganggu pemandangan, ada juga yang bisa sampai membahayakan pengemudinya.

aksesoris mobil
aksesoris mobil

Berikut ini beberapa aksesori mobil yang sebaiknya jangan atau tidak boleh digunakan, antara lain:

1. Sarung kemudi mobil

Banyak orang yang menghias lingkar kemudi mobilnya dengan menggunakan sarung kemudi yang berbahan kulit ataupun bahan-bahan yang lain yang tampak terlihat indah. Biasanya, sarung kemudi ini tidak langsung diproduksi oleh pihak pabrik mobil, sehingga tidak jarang ukurannya tidak pas.

Ukuran yang berbeda ini, akan membuat pegangan terasa tidak nyaman dan juga dapat membahayakan pengemudi mobil. Bisa dapat menyebabkan tangan terlepas dari kemudi ataupun hilang kendali.

2. Lampu depan berwarna

Penggunaan lampu depan yang dimodifikasi atau dirubah menjadi warna lain yang berbeda dari lampu mobil awalnya, misal dirubah dengan pencahayaan kuning, ternyata sangat membahayakan. Walaupun para pengemudi mobil beranggapan bahwa hal ini dapat meningkatkan penglihatan, terutama di malam hari, ternyata hal ini dapat membahayakan pengandara lain yang terkena sinarnya. Hal ini dikarenakan, sinar lampu berwarna kuning memiliki sinar yang sangat terang dibandingkan dengan cahaya putih.

3. Meletakan sesuatu di atas dashboard

Meletakan boneka atau barang apapun di atas dashboard pasti sudah banyak kita jumpai. Ternyata, hal ini tidak baik untuk dilakukan. Benda-benda tersebut akan sangat mengganggu pandangan pengemudi dan bisa jadi, karena suatu hal, barang-barang tersebut berjatuhan sehingga mengganggu konsentrasi pengemudi.

4. Aksesoris sabuk pengaman

Sabuk pengaman merupakan fitur yang sangat penting bagi pengguna mobil, baik penumpang ataupun pengemudinya. Tidak jarang, untuk terlihat menarik dan unik, pemilik mobil akan menambahkan aksesoris ciamik untuk memperindahnya. Memang terlihat tampak bagus, tetapi ternyata hal ini dapat mengganggu fungsi dari sabuk itu sendiri. Sehingga kinerjanya buruk dan terkendala.

Aksesoris mobil memang membuat kendaraan Anda tampil cantik dan tampak beda, namun begitu perlu diperhatikan keamanannya. Demikian 4 aksesoris yang tidak boleh dipasang pada kendaraan Anda, semoga bermanfaat!

Related Articles

Close