Kesehatan

Kelebihan Permainan Olahraga Tradisional untuk Diterapkan

Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang penting dan wajib untuk selalu diperhatikan dan dilakukan oleh setiap orang. dengan berolahraga, tubuh akan menjadi lebih bugar dan juga sehat dalam melakukan berbagai aktivitas sehari – hari.

Ada banyak sekali macam olahraga bahkan beberapa diantaranya ada juga jenis permainan olahraga tradisional yang sampai saat ini masih dianut dan dibudayakan oleh masyarakat di berbagai tempat di seluruh nusantara. Terus menghidupkan permainan olahraga ciri khas nusantara penting untuk dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Berikut akan saya paparkan kelebihan dari permainan – permainan tersebut:

permainan olahraga tradisional
permainan olahraga tradisional

1 . Melestarikan Kebudayaan Nusantara

Mempertahankan dan tetap menghidupkan permainan olahraga tradisional memiliki nilai nasionalisme yang tinggi bagi setiap masyarakat di negara kita. Ada banyak macam jenis olahraga yang saat ini bahkan telah mendunia seperti diantaranya pencak silat, gulat pathol khas Jawa Tengah, karapan sapi, pacu jalur, kasti, permainan banteng dan berbagai macam jenis olahraga tradisional lainnya yang perlu dihidupkan terus oleh setiap orang. Melestarikan kebudayaan adalah salah satu tugas yang penting untuk dilaksanakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

2 . Memiliki Nilai Plus di Mata Dunia

Seperti yang kita ketahui bersama, ada banyak sekali olahraga tradisional dari berbagai negara yang saat ini sudah mendunia. Beberapa diantaranya seperti Muang Thai dari Thailand, Taekwondo dari Korea, Karate dari Jepang dan beberapa olahraga tradisional lainnya. Meningkatkan minat olahraga tradisional merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan karena ketika populer nanti harkat dan derajat negara kita bisa semakin lebih tinggi di mata dunia.

3 . Olahraga dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Seperti yang kita ketahui bersama, olahraga memiliki peranan yang penting untuk kesehatan. Aktivitas fisik ini perlu dilakukan setiap hari oleh setiap orang. Meningkatkan olahraga tradisional merupakan salah satu upaya yang juga bisa dikatakan suatu upaya dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat yang ada di negara kita.

Itulah beberapa keunggulan dan juga kelebihan dalam meningkatkan dan menghidupkan kembali minat masyarakat terhadap olahraga tradisional yang ada di negara kita sejak dari zaman dulu kala.

Related Articles

Check Also

Close
Close