Kesehatan

Beberapa Penyebab Anak Tidak Mau Makan

Jika anak susah makan terkadnag kita bingung bagaimana cara mengatasinya. Karena bagaimanapun juga anak-anak membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk menunjang aktivitas dan pertumbuhannya. Berbagai cara kita lakukan untuk bisa mengatasi anak susah makan, salah satunya dengan menyajikan makanan semenarik mungkin agar anak mau untuk makan.

Namun itu saja tidak cukup, kita juga perlu memastikan gizi anak terpenuhi dengan memberinya madu Provitamon yang mengandung madu, dan bahan alami lainnya yang baik untuk kesehatan anak. Namun sebelum kita mencaritahu solusinya, terlebih dahulu kita harus mengetahui penyebabnya.

Berikut ada beberapa penyebab anak tidka mau makan, diantaranya:

1. Bosan dengan menu makan

Pada umumnya anak-anak mudah bosa dengan segala sesuatu terutama soal makanan. Selain jenis makanan yang itu-itu saja, anak-anak juga sering bosan dengan cara penyajian makanannya. Untuk itu kita dituntut untuk bisa kreatif dalam menyajikan makanan untuk anak-anak misalnya dengan menggunakan warna-warni makanan, karena pada dasarnya anak lebih suka dengan hal-hal yang menarik. Selain  pilih menu yang bervariasi agar anak tidak mudah bosan.

2. Minum susu terlalu banyak

Susu merupakan salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Namun susu saja tidak cukup memenuhi kebutuhan gizinya, tetap saja perlu nutrisi lain agar anak bisa tumbuh kembang dengan baik. Jika anak mengkonsumsi susu terlalu banyak, membuat dia merasa kenyang dan tidak nafsu untuk menyantap makanan lagi. Untuk itu jika anak-anak sudah beranjak satu tahun, mulailah kurangi memberi dia susu, tapi latihlah anak-anak untuk mengenal berbagai makanan.

3. Terpengaruh kebiasaan orangtua

Anak-anak memang peniru yang baik. Hal yang paling banyak mereka tiru adalah kebiasaan orangtuanya. Banyak perilaku orangtua yang dapat mempengaruhi perilaku makan anak. misalnya jika anak tumbuh dalam lingkungan keluarga yang sering diet, maka dia akan menularkan perilaku malas makannya juga. Selain itu kebiasaan orangtua membelikan jajanan padat kalori agar mereka tidak rewel juga merupakan perilaku makan yang tidka baik.

Itulah beberapa penyebab anak tidak mau makan. Untuk mengatasi anak susah makan anda bisa memberinya madu Provitamon yang mengandung curcuma yang dapat meningkatkan nafsu makan anak.

Related Articles

Check Also

Close
Close