Ibu & Anakpendidikan

2 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Membimbing Anak Membaca

Keterampilan berbahasa merupakan sebuah hal yang paling penting dan dasar yang harus diterapkan kepada anak sejak dini. Dengan keterampilan berbahasa tersebut, maka anak dapat dengan mudah untuk bisa berkomuniasi, belajar, serta beradaptasi dengan lingkungannya. Untuk mengajarkan akan berbicara dan juga mendengar yang baik mungkin akan mudah untuk dilakukan, namun jika mengajarkan anak untuk membaca dan menulis akan sulit untuk dilakukan karena membutuhkan proses dan kesabaran yang ekstra.

Cara belajar membaca dan juga menulis bukan hanya akan diajarkan di sekolah semata, namun orang tua juga harus berperan aktif dalam membimbing anak-anaknya di rumah. Hal tersebut perlu dilakukan karena di sekolah waktu untuk belajar membaca sangatlah sedikit berbeda dengan di rumah ada banyak waktu untuk dibimbing dan dilatih oleh orang tuanya.

Anak usia 5 sampai 10 tahun masih perlu dibimbing secara khusus dan penuh dengan kasih sayang dari orang terdekatnya. Dengan cara tersebut justru anak akan lebih cepat dalam menghafalkan huruf serta menggabungkannya. Melatih cara belajar membaca harus dikuasai oleh ibu, karena ibu adalah orang yang paling dekat dan sangat dipatuhi oleh anak. Berbagai cara dan metode bisa diterapkan oleh bunda untuk membimbing anaknya dalam membaca ataupun menulis, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh bunda seperti :

  • Mengajari anak tentang sesuatu haruslah menyenangkan bagi mereka, hal ini karena anak lebih identik dengan bermain. Ciptakan suasana yang menyenangkan seperti menggunakan metode bernyanyi, bercerita, ataupun menggunakan media yang disukai oleh anak. Gambar adalah salahs atu benda yang banyak disukai oleh anak, dan akan sangat efektif jika mengajari mereka membaca menggunakan gambar baik itu hewan, tumbuhan, ataupun tokoh film kartun yang mereka sukai.
  • Kecanggihan teknologi seperti sekarang ini bisa anda manfaatkan untuk melatih anak dalam membaca. Anak akan lebih menyukai belajar menggunakan tablet dari pada menggunakan media yang lainnya. Dan itu bisa anda manfaatkan dengan menginstal aplikasi khusus untuk belajar membaca ataupun menulis bagi anak.

Nah itulah dua hal yang perlu anda perhatikan dalam melatih anak agar pandai membaca dan juga menulis.

Related Articles

Check Also

Close
Close