Ibu & Anak

Cara Mudah Mengajarkan Anak Membaca

Sebagai orangtua, anda tentu menginginkan anak – anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan tahapan usianya, baik pertumbuhan fisiknya maupun perkembangan mental dan juga kecerdasan otaknya. Untuk menunjang kecerdasan otak tak jarang dari para orangtua yang menyekolahkan anak – anaknya sejak dini, bahkan di kota – kota besar anak sudah bersekolah sejak Ia berusia 1 hingga 2 tahun.

Sedangkan pada usia 3 hingga 4 tahun banyak anak yang diikut sertakan pada berbagai macam les, termasuk les membaca. Membaca sangat penting memang untuk diajarkan sejak dini pada anak, karena hal tersebut termasuk dalam syarat agar mereka masuk ke sekolah jenjang berikutnya. Anda pun dapat membantu dari rumah untuk memberikan pengajaran melalui cara belajar membaca dengan benar pada anak.

Mengulang kembali pelajaran yang telah diajarkan di sekolah usia dini maupun di berbagai tempat les, memang sangat penting untuk anda lakukan untuk merangsang daya ingat serta kecerdasan anak. Anda dapat melakukannya pada waktu yang tepat di rumah melalui cara mudah mengajarkan anak kembali membaca berikut ini.

  1. Ketahui terlebih dulu suasana hati dari sang anak sebelum anda menerapkan pola atau cara belajar membaca yang ingin anda berikan, jangan sampai Ia sedang jenuh atau merasa bad mood, anda dapat mengajarkan anak membaca saat suasana hatinya sedang gembira.
  2. Jangan terlalu memaksakan kehendak pada anak, karena dapat menimbulkan trauma. Anda harus tetap tenang dan memberikan pengertian dengan cara membuat proses belajar tampak menyenangkan seperti dengan menggunakan media tontonan yang menarik bagi si anak.
  3.  Hindari dulu mengajari anak dengan abjad yang rumit, usahakan untuk terlebih dulu mengajarkannya dengan kata  – kata.
  4. Agar tidak membosankan, anda dapat menggunakan media abjad bergambar yang dapat menarik perhatian anak saat belajar membaca. Kenalkan beragam huruf terlebih dulu padanya barulah menggabungkan huruf demi huruf hingga membentuk sebuah kata – kata untuk di eja oleh anak.

Itulah beberapa cara mudah mengajari anak membaca yang dapat anda lakukan di rumah, cara belajar membaca pada anak – anak memang harus dilakukan dengan kesabaran tingkat tinggi, dengan pengertian yang lebih serta secara perlahan tanpa paksaan. Jangan lupa juga untuk mendukung cara di atas, penuhi nutrisi otaknya dengan memberikan minuman yang baik untuk merangsang kecerdasannya seperti susu Dancow yang dapat diberikan sesuai tahapan usianya.

 

Related Articles

Close