Kesehatan

Berbagai Tahap Perkembangan Janin Trimester Awal

Saat seorang ibu mengalami kehamilan maka saat itu adalah salah satu saat yang sangat berharga bagi seorang ibu dan semua anggota keluarga. Tidak jarang karena saking bahagianya mengetahui bagaimana tahap perkembangan janin tiap minggunya menjadi suatu hal yang ingin diketahui. Dari itu berikut ini kami tuliskan berbagai tahap perkembangan janin dari minggu ke minggu yang mungkin bermanfaat untuk anda.

Perkembangan minggu pertama sampai ke dua. Untuk tahap perkembangan janin tiap minggunya terutama pada minggu awal adanya penyatuan sel telur yang sudah dibuahi oleh sperma yang kemudian menempel pada dinding rahim. Dari sini juga mulai adanya bakal janin.

Minggu ke 3 sampai ke 5. Untuk minggu ini mulai terbentuknya hormon kehamilan yang ketika di tes menjadi positif. Selain itu perkembangan selanjutnya yaitu sang ibu mengalami keterlambatan pasa menstruasinya, yang disusul pula dengan pembentukan pada sistem pembuluh darah dan jantung janin yang mulai berdetak.

Minggu ke 6 sampai ke 9. Untuk minggu ini perkembangan yang terjadi seperti pembentukan pancaindra pada wajah janin. Selain itu saluran pencernaan dan paru-pru juga terbentuk seiring dengan pembentukan pada tangan dan kaki janin. Selanjutnya perkembangan yang terjadi yaitu sistem syaraf janin yang terbentuk dengan saluran pernapasan yang dihubungkan dengan tenggorokan dan paru-paru yang semuanya sudah mulai bekerja.

Minggu ke 10 sampai akhir trissemester pertama. Pada minggu ke10 untuk perkembangan organ penting bayi sudah terbentuk secara selesai dengan pembentukan anggota tubuh janin yang hampir lengkap semuanya. Pada jemari janinpun sudah bisa membuka dan menutup, janinpun mulai sadar jika anda menepuk perutnya. Selanjutnya untuk akhir trisemester pertama ini perkembangan janin selanjutnya yaitu pembentukan organ-organ penting dalam tubuh, termasuk juga dalam sistem peredaran darahnya yang mulai sempurna.

Pada perkembangan akhir trimester ini juga diharapka anda sebagai ibu bisa menjaga diri dari konsumsi makanan dan minuman, karena bisa berpengaruh dengan bagaimana perkembangan janin selanjutnya. Bagaiman seorang ibu yang benar dalam menjaga kehamilannya bisa membuat janin yang lahir nanti tumbuh sempurna sesuai dengan apa yang diharapkan.

 

Related Articles

Check Also

Close
Close