Kesehatan

Panduan Cerdas Memilih Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Untuk bisa menjaga kesehatan pada ibu yang sedang hamil muda maka salah satu hal penting yang harus diperhatikan yaitu dalam konsumsi makanan. Dengan memilih makanan sehat untuk ibu hamil muda, maka selain baik untuk kesehatan ibu juga sangat baik juga bagi janin dalam kandungan. Apalagi masa hamil muda sangat rawan dengan keguguran dan juga bayi lahir cacat jika tidak benar-benar diperhatikan dengan benar.

Agar janin bisa terhindar dari resiko kesehatan yang terganggu seperti terlahir cacat atau lahir prematur. Dari hal itu pemilihan makanan sehat untuk ibu hamil muda harus mulai dipilih dari awal kehamilan. Apalagi bagi ibu yang hamil muda atau trimester awal sering juga terjadi gangguan ibu hamil yang mengalami mual, sehingga harus benar-benar diperhatikan dalam memilih makanan sehat.

Untuk pemilihan makanan sehat dalam kandungan dengan usia yang masih muda bisa diperhatikan dalam cara memilih jenis makanannya. Untuk usia ini pilihan jenis makanan seperti jenis makanan yang banyak mengandung protein, konsumsi buah-buahan, sayuran hijau, biji-bijian, dan juga konsumsi susu beserta lemak yang sehat sangat dianjurkan. Selain itu perhatikan juga untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan asam folat, karena bermanfaat untuk perkembangan otak janin.

Sebagai panduan cerdas dalam memilih makanan sehat untuk ibu hamil muda maka beberapa hal berikut bisa anda lakukan.

  • Untuk sarapan. Konsumsi makanan sehat untuk sarapan bisa dipilih dengan mengkonsumsi makanan seperti jus buah-buahan, nasi goreng dengan telur mata sapi, dan juga susu, baik itu susu biasa atau susu yang khusus untuk ibu hamil.
  • Untuk makan saat. Saat makan bagi ibu yang sedang hamil muda bisa memilih jenis makanan seperti nasi, tempe goreng, ikan dengan bumbu kuning, atau juga sayuran bening. Selain itu untuk buah-buahannya bisa mengkonsumsi buah jeruk atau apel.
  • Untuk makan malam. Konsumsi makanan sehat untuk makan malam juga harus dipilih dengan benar. Untuk itu konsumsi nasi , bakwan jagung, kacang-kacangan, selada buah, bistik, dan juga anda bisa memilih untuk meminum susu menjelang tidur.

Untuk konsumsi makanan di atas perhatikan juga akan porsinya yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Related Articles

Check Also

Close
Close