Kesehatan

Waspadai 5 Resiko Gejala Kehamilan Pada Trimester Pertama

Bagi beberapa ibu hamil usia kandungan pada trimester pertama merupakan hal yang sangat sulit. Hal ini karena ada beberapa gejala yang sering terjadi dan membuat kondisi kurang baik. Cara menjaga kehamilan muda atau menjaga kehamilan di usia 1 hingga 3 bulan merupakan hal yang sangat penting, karena pada usia tersebut janin masih lemah dan membutuhkan banyak nutrisi sebagai bahan fundamental untuk pertumbuhan di bulan-bulan selanjutnya. Namun terkadang gejala-gejala tertentu seperti mual muntah menghambat nutrisi yang diperlukan janin. Berikut ada beberapa resiko gejala kehamilan pada trimester pertama yang perlu diwaspadai.

  • Pendarahan

Munculnya flek memang merupakan hal yang normal bagi ibu hamil di usia pertama, karena adanya janin yang menempel pada rahim. Namun harus diwaspadai jika flek tersebut semakin hari semakin banyak dan malah mengeluarkan darah disertai dengan kram pada bagian perut seperti saat periode menstruasi. Hal ini bisa jadi suatu gejala keguguran. Yang perlu ibu hamil lakukan adalah segera konsultasi ke dokter dan lakukan USG untuk memastikan bahwa janin masih ada. Umumnya dokter akan memberikan obat penguat janin dan menyarankan ibu hamil untuk tirah baring atau biasa disebut bed rest.

  • Mual Muntah Berlebih

Kondisi mual muntah adalah hal yang umum terjadi pada ibu hamil pada usia kandungan trimester pertama. Namun, perlu diperhatikan jika mual muntah dialami ibu hamil hingga terjadi dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit. Jika kondisi ibu hamil sudah seperti itu ada baiknya ibu hamil diberikan asupan nutrisi melalui infus.

  • Sakit Saat Buang Air Kecil

Jika Anda mengalami nyeri atau sakit saat buang air kecil itu tandanya ada infeksi pada saluran kandung kemih. Hal ini tidak boleh dibiarkan karena kondisi seperti ini akan berakibat buruk pada kandungan, kondisi terparahnya adalah bisa mengakibatkan kelahiran prematur.

  • Keputihan

Mungkin hampir setiap wanita pernah mengalami yang namanya keputihan. Namun bagi jika keputihan sudah berwarna, berbau dan mengakibatkan gatal pada area miss V, hal ini lah yang perlu diwaspadai terutama untuk ibu hamil. Keputihan yang berbau, berwarna dan terasa gatal dapat membuat tipis plasenta dan terjadi rembes pada air ketuban. Hal ini juga dapat memicu kelahiran prematur.

  • Demam Tinggi

Suhu tubuh ibu hamil memang biasanya lebih tinggi dari biasanya. Namun jika berhati-hatilah jika suhu tubuh terus meningkat hingga lebih dari 38 derajat. Pada kondisi tersebut ibu hamil harus segera konsultasi dengan bidan atau dokter agar segera ditangani. Hal ini dikhawatirkan dapat berakibat buruk pada janin yang dikandung.

Itulah lima resiko yang harus diwaspadai oleh ibu hamil pada usia kandungan trimester pertama. Anda sangat perlu untuk mengetahui cara menjaga kehamilan muda karena pada trimester inilah kehamilan membutuhkan perlindungan, perhatian dan asupan nutrisi yang lebih baik.

Related Articles

Close