Ibu & AnakKesehatan

3 Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Kehamilan merupakan suatu momen yang paling ditunggu untuk pasangan suami istri. Saat masa kehamilan tersebut tiba, rasa bahagia tentu tak bisa terbendung lagi. Karena memiliki bayi lucu yang sehat dan cerdas adalah dambaan semua orang tua, dan hal tersebut harus di awal dari cara menjaga kehamilan bahkan mulai dari menjaga kehamilan muda atau pada trimester dan faktor makanan sangat berperan dalam hal ini.

Ada beberapa jenis makanan yang sangat disarankan untuk ibu hamil, ada juga yang sebaiknya dihindari, bahkan ada yang dilarang sama sekali. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang disarankan untuk ibu hamil muda.

  • Sayuran

Adanya gejala mual dan muntah merupakan hal yang normal dialami oleh ibu hamil pada trimester pertama. Gejala yang umumnya disebut morning sickneess ini ternyata bisa dikurangi dengan memperbanyak mengonsumsi jenis sayur-sayuran hijau. Selain itu, Anemia yang kadang terjadi pada kehamilan juga dapat dicegah karena kandungan zat besi pada sayuran akan membantu produksi hemoglobin. Sayuran hijau sendiri biasanya banyak mengandung nutrisi yang penting untuk janin, salah satunya asam folat. Asam folat memiliki fungsi untuk membantu proses pembelahan dan pertumbuhan sel, maka dari itu sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin dalam kandungan dan juga mencegah kecacatan pada janin. Ada beberapa contoh sayuran hijau yang mengandung banyak asam folat adalah brokoli, bayam, asparagus, dan sawi.

  • Buah-buahan

Buah-buahan sangat cocok menjadi makanan untuk ibu hamil 1 bulan atau trimester pertama. Ada baiknya selama kehamilan usahakan Anda untuk memilih buah segar daripada buah kalengan. Karena buah kalengan mengandung bahan pengawet dan mengandung garam berlebih. Kedua zat tersebut tentunya akan merugikan kesehatan terutama saat kehamilan.

Produk Olahan Susu atau Dairy Milk

Tidak hanya makanan dengan serat tinggi seperti satu dan buah Ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak berbagai produk olahan yang terbuat dari susu. Hal ini karena pertumbuhan sel membutuhkan protein, termasuk juga pertumbuhan janin yang sangat pesat sehingga ibu hamil akan sangat membutuhkan asupan protein. Sehingga mengonsumsi olahan susu merupakan salah satu langkah terbaik untuk mendapatkan asupan protein yang cukup.

Itulah beberapa jenis makanan yang tepat dan perlu untuk menjaga kehamilan muda.

Related Articles

Check Also

Close
Close