Ibu & Anak

4 Elemen Pola Asuh Anak Authoritative

Meskipun sekarang ini sudah banyak cara mendidik yang baik, beberapa gaya atau pola asuh anak dianggap jauh lebih baik dibandingkan dengan yang lain. Salah satu cara mendidik anak dengan baik adalah dengan cara pola asuh berwibawa (authoritative).

Dengan cara pola asuh anak ini, akan menjadikan anak dapat lebih mandiri. Anak yang dibesarkan dengan cara didikan seperti ini cenderung memiliki harga diri yang tinggi dan lebih yang dengan apa yang mereka mampu. Cara mendidik anak dengan cara ini, berarti orang tua dapat menetapkan sebuah aturan atau pedoman kepada anak-anak mereka yang diharapkan untuk mengikutinya. Namun berbeda dengan pola asuh secara otoriter, pola asuh berwibawa jauh lebih demokratis. Cara mendidik anak dengan pola asuh seperti ini jauh lebih responsif terhadap anak-anak mereka dan selalu bersedia untuk mendengarkan. Berikut di bawah ini ada empat dimensi cara mendidik anak dengan gaya berwibawa (authoritative)

1. Kontrol

Dengan cara mendidik ini agar supaya dapat tegas, adil dan disiplin yang konsisten untuk lebih membentuk perilaku terhadap anak yang sesuai dengan standar orang tua.

2. Mendengarkan

Secara aktif untuk mendengarkan, pertimbangan pendapat dan perasaan dari sang anak. Dengan metode seperti ini apa yang anak katakan, anda dapat menunjukan mereka bahwa anda selalu menghargai mereka

3. Ekspektasi

Ekspektasi atau harapan atau dorongan terhadap orang tua kepada anak untuk tampil lebih baik dibidang sosial, emosional, dan spiritual.

4. Kasih sayang

Dengan memberikan kasih sayang, kehangatan, memperhatikan kebutuhan dan kesejahteraan anak serta menghargai prestasi anak.

Kita tentu saja tidak dapat menjadi orang tua yang sempurna begitupun dengan anak-anak. Tapi setidaknya, kita dapat mengubah persepsi tersebut dengan cara pola asuh anak dengan empat elemen ini. Anda juga sebagai orang tua harus selalu memberikan nutrisi terbaik kepada anak, agar kembang tumbuh anak lebih atraktif terhadap eksplorasi anak. Salah satunya adalah memberikan anak susu, susu yang terbaik dari beberapa nutrisi terbaik adalah dari Dancow.

Tags

Related Articles

Close