makananmasakanresep masakan

Cara Memasak Pepes Ayam Kemangi

Pepes ayam adalah salah satu masakan yang terbilang sederhana untuk dibuat namun memilki citarasa yang sangat lezat. Pada dasarnya masakan pepes ayam berbahan dasar ayam dengan bumbu tradisional khas daerah sunda yang dibungkus dengan daun pisang sehingga aroma dari ayam tersebut akan terasa lembut dilidah karena menggunakan daun pisang. Dalam cara memasak pepes ayam kemangi khas sunda tersebut memang sudah banyak digemari karena kesederhanaan dalam memasaknya membuat masakan tersebut mudah untuk dibuat dengan rasa sesuai dengan yang diharapkan.

Masyarakat khas sunda tersebut banyak disukai oleh banyak kalangan sehingga bukan saja orang sunda yang memasak makanan tersebut melainkan dari daerah lain juga memasak pepes ayam kemangi khas sunda. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya rumah makan di daerah lain yang menyediakan pepes ayam kemangi khas sunda.cara memasakSelain dari pepes ayam kemangi yang menggunakan ayam sebagai bahan utamanya pada saat ini ada perkembangan mengenai modifikasi dari makanan pepes ayam tersebut. Bumbu pepes kemangi juga digunakan pada pepes ikan, pepes tahu dan pepes tempe dengan citarasa yang tak kalah dengan pepes ayam pada masakan sunda. Berikut adalah cara memasak pepes ayam kemangi khas sunda yang sudah melegenda :

  1. Cuci potongan daging ayam dengan air sampai bersih.
  2. Setelah itu ambil air jeruknya kemudian siram sampai rata kesemua daging ayam.
  3. Haluskan dengan uleg bahan seperti bawang merah, bawang putih, kemiri dan kunyit sampai halus.
  4. Siapkan penggorengan dan masukkan bumbu resep pepes ayam kemangi.
  5. Masukkan potongan daging kedalam wajan dan diaduk-aduk.
  6. Masukkan setengah liter air dengan tercampur gula, garam dan kaldu ayam.
  7. Aduk semua bahan tadi sampai merata.
  8. Siapkan daun pisang untuk bungkusnya
  9. Masukkan kepanci untuk di kukus pepes ayam tersebut selama 15 menit.

Dari cara memasak tersebut anda dapat mempraktekanya secara langsung sehingga dapat mancari rasa yang terbaik dari pepes ayam kemangi khas sunda. Cara dalam memasak diatas perlu diperhatikan proporsi dari tiap bumbu sehingga rasanya pas sesuai yang anda harapkan. Untuk keterangan lebih lanjut anda dapat membaca buku resep NICI sebagai buku panduan saat anda memasak apapun yang anda suka.

Tags

Related Articles

Check Also

Close
Close