masakanTips

Mengkonsumsi Biji Chia dalam Menu Makanan

Chia seed adalah sejenis biji-bijian yang memiliki bentuk yang hampir sama dengan biji selasih. Biji chia ini dipercaya mengandung banyak manfa’at bagi kesehatan tubuh dan dapat mambantu mereka yang sedang dalam program diet. Selain itu, mengkonsumsi biji chia seed dalam porsi yang dianjurkan juga dapat membantu mengurangi resiko terjadinya berbagai penyakit seperti diabetes, jantung koroner, dan mengusir kolesterol jahat yang ada pada tubuh manusia.

Biji chia seed ini dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah dengan mencampurkannya kedalam makanan lain seperti oat meal, yoghurt, dan jenis makanan basah lainnya. Selain itu, biji chia juga dapat ditambahkan sebagai isian roti yang dipadukan dengan selai dan dapat pula menjadi bahan campuran dalam salad sebagai menu makanan sehat yang anda buat untuk keluarga tercinta.

Dalam keadaan matang, biji chia seed ini dapat diolah menjadi bahan campuran dalam berbagai menu masakan sehat seperti beberapa olahan biji chia berikut ini :

  • Bubur chia, adalah bubur yang terbuat dari 2 sendok biji chia yang dimasukkan kedalam secangkir susu hangat dan biarkan dalam beberapa menit sambil diaduk hingga rata dan membentuk gel. Setelah itu anda bisa menyantap bubur chia bersama campuran buah kering, kacang, ataupun irisan buah segar sebagai bahan pelengkapnya rasanya.

  • Biji chia yang telah dihaluskan menjadi tepung chia, dapat anda jadikan sebagai pengganti tepung roti dalam adonan bersama daging cingcang yang akan diolah menjadi bakso ataupun burger untuk menambah kepadatan adonan.
  • Biji chia seed juga dapat digunakan sebagai bahan pengental sup dan saus ataupun kuah daging. Tambahkan 2-4 sendok biji chia kedalam mangkuk yang berisi sup, suas, atau kuah daging, biarkan beberapa menit hingga mengental sambil diaduk sesekali agar biji chia yang masih menggumpal bisa menjadi rata dan mengental.

  • Dua sendok makan biji chia juga bisa anda tambahkan kedalam telur kocok, omelet, maupun hidangan telur lainnya. Selain itu, untuk memperlengkap kandungan nutrisi dalam menu masakan sehat yang anda buat, biji chia seed dapat anda taburkan kedalam tumis sayuran yang anda sajikan untuk keluarga.
Tags

Related Articles

Close