mengatasi anak susah makan

Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Mengatasi anak yang susah makan memang menjadi kekhawatiran bagi para orang tua, khususnya Bunda yang bingung bagaimana mengatasi anak yang sulit untuk mudah makan. Di usia 6 bulan adalah usia yang tepat untuk memberikan anak makanan padat pendamping ASI,seperti diberi kue khusus untuk bayi, bubur, sari buah, dan sampai bubur tim. Namun tidak semudah yang dibayangkan anak akan selalu mudah menerima respons untuk makan, karena beberapa faktor yang disebabkan anak susah makan.

mengatasi anak susah makan

Seperti faktor psikis dan faktor fisik. Fasktor psikis disebabkan karena adanya gangguan pada system pencernaan anak dalam tubuhnya, ataupun ada infeksi lainnya yang membuat si kecil susah sekali makan. Dari faktor psikis bisa disebabkan oleh karena tidak nyaman pada saat makan, menu yang hanya itu-itu saja, anak terlalu dipaksa untuk makan yang tidak ia sukai, atau kurang perhatian dan dukungan dari orang tuanya. Berikut ini cara mengatasi anak susah makan:

  1. Melibatkan anak untuk menyiapkan makanan. Seperti halnya memberikan pengetahuan dan pembelajaran kepada si kecil untuk memahami dan memperkenalkan proses pembuatan makanan dari awal sampai siap saji, hal ini juga dapat memberikan pengetahuan bagi anak bagaimana proses yang dilakukan seorang ibu untuk menyiapkan makanan untuk keluarga. Maka dari itu memberikan pemahaman kepada anak bahwa makanan yang dimasak harus dimakan, sayang juga kalau sampai di buang.
  2. Jangan memaksa anak yang susah makan. Berilah pengertian pada si kecil agar mau makan dengan cara-cara yang halus, seperti membujuknya agar mau makan di meja makan bersama anggota keluarga, hindari beberapa mainan atau yang dapat mencuri perhatian anak pada saat makan.
  3. Beri makanan pembuka. Memberi anak makanan pembuka seperti kue atau makanan kecil yang tidak mengenyangkan sebelum makanan utama. Hal ini dapat memancing nafsu makan si kecil lebih baik.
  4. Jadwalkan waktu makan anak. Jangan terlalu sering atau memberi makan anak tidak tepat pada waktunya, jika seperti itu anak akan susah makan dan jika dipaksakan terus menerus justru anak akan rewel, biasakan sarapan pagi bareng bersama keluarga, kemudian makan siang, sore berikan anak cemilan dan makan malam bersama. Dnegan begitu jadwal makan anak teratur dan tidak mudah rewel
  5. Menyajikan makanan yang menarik dan bervariatif. Bagi anak, makanan yang berbeda-beda dan cara menyajikan yang unik justru akan membuat anak berantusias dan ingin selalu mencobanya, maka Bunda harus sia dengan ide-ide kreatifnya membuat makanan yang untuk dan bervariatif.

Itulah beberapa tips mengatasi anak susah makan dengan metode yang menyenangkan dan tidak terlalu memaksa, peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mendampinginya di setiap proses pertumbuhan si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *